image
6 Peregangan Sederhana yang Bisa Dilakukan saat Bekerja

13 August 2019 2728 Viewed  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190809083103-255-419745/6-peregangan-sederhana-yang-bisa-dilakukan-saat-bekerja

Bekerja di kantor memaksa kita untuk duduk dalam waktu yang lama. Duduk dalam waktu yang lama berbahaya untuk kesehatan. Mulai dari kesehatan punggung, jantung hingga mampu meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Untuk mencegahnya, Anda disarankan untuk getol melakukan peregangan. Peregangan punya banyak manfaat untuk tubuh.

Berikut enam peregangan sederhana yang dapat dilakukan tanpa perlu meninggalkan kursi dan meja di kantor saat sedang bekerja. Peregangan ini hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit saja.

1. Peregangan bahu
Letakkan salah satu tangan di sekitar dada, lalu gunakan tangan yang lain untuk memegang bagian siku dan tarik ke arah kepala. Lakukan ini selama lima detik dan ulangi untuk bagian lengan yang lain. Ulangi lima kali pada setiap lengan. Peregangan ini bermanfaat untuk meregangkan otot di antara tulang belikat yang menempel pada bagian atas leher yang tegang akibat terlalu lama melihat layar.

2. Peregangan leher
Regangkan leher dengan gerakan memutar ke arah bahu kanan selama 10 detik. Ulangi selama lima kali. Lakukan dengan arah sebaliknya. Peregangan ini bermanfaat mengurangi ketegangan dan nyeri leher karena membungkuk dan melihat layar.

3. Mengangkat bahu 
Angkat bahu hingga telinga bagian bawah. Tahan beberapa detik lalu lepaskan. Ulangi 10 kali. Mengangkat bahu dapat mengurangi ketegangan dan memobilisasi bilah bahu dan punggung atas.

4. Tulang belakang
Berdirilah dan satukan jari-jari di punggung. Tarik lengan ke belakang menjauhi tubuh. Lakukan lima kali. Gerakan ini sekaligus dapat meregangkan otot-otot di bagian dada. Peregangan ini juga mengurangi rasa sakit di punggung bagian atas.

5. Rotasi 
Duduk di kursi, lalu letakkan siku di bagian depan sehingga lengan membentuk posisi bujur sangkar terhadap tubuh. Posisi ini dikenal juga dengan cossack. Selanjutnya, putar badan dari kiri ke kanan 10 kali.



sumber: cnnindonesia.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238